Rabu, 14 Februari 2018

Tv LCD/LED LG Standby

Tv LCD/LED LG Standby


1. LG LCD 32" Standby
KASUS :

  • LG LCD 32inc
  • Problem stand-by, power tidak mau “on”
SOLUSI :

  • Coba di power lewat tombol panel maupun remote tidak mempan semuanya
  • …………….“Wah…….pasti modul digitalnya yang problem !”……”pasti sulit nih…”
  • Berpikir sejenak, pikir-pikir dulu langkah apa yang akan dilakukan
  • Coba lepas konektor kabel board tombol-tombol panel, …………………kemudian hidupkan dengan remote…………dan….. “pet” lampu indikator stand-by langsung padam…….dan sebentar kemudian byaaaar…..layar langsung nyala dengan noise.
  • Pasang antena dan cek gambar maupun suara…semuanya OK.
  • Langsung periksa board tombol-tombol panel….diketemukan tombol untuk “POWER” short……..
  • Wah…wah….wah kok jadi hanya enak begini……tidak jadi berpikir keras.
2. LCD 32LG60UR HIDUP SEBENTAR LALU STANDBY

Diagnosa

LCD LG ini mengalami kerusakan saat awal saya masukan aliran listrik , power supply terlihat sudah bekerja dengan hidupnya lampu indikator, tak lama kemudian ada suara intro dan tak lama kemudian kembali ke posisi standby.

Modelnya  :

DSC_0019[1]

Apakah yang menyebabkannya ? segera saya selidiki.

Langkah awal dimulai dengan membuka terlebih dahalu casing penutup , setelah terbuka barulah terlihat beberapa mainbaord. Rangkaian PSU ( power supply unit ) menjadi lokasi pertama untuk saya lakukan pengukuran, berapa volt outputnya dan hasilnya adalah normal yaitu 5 volt. tampilan PSU-nya : 

DSC_0018[1]

Secara default jika power supply tidak stabil bisa dilihat dari capasitor filter yang badannya ( berubah fisik ,pecah bagian atasnya ) . Disini saya tidak melihat adanya capasitor yang rusak maka tahap selanjutnya saya lakukan pengukuran di area mainboard  utama untuk sistem penerimaan dan sistem video out ke panel LCD . Tegangan out PSU 5 volt yang masuk ke mainboard ini saya urutkan kemana saja alurnya. tegangan 5 volt diturunkan menjadi 2 out yaitu 3,3 volt dan 1,2 volt .

Tegangan out 1,2 volt yang masuk ke IC CHIPSET terjadi gangguan saat sistem mulai bekrja, terlihat saat saya ukur sedikit berdenyut . Dari hasil ini saya menyimpulkan capasitor filter tegangan 1,2 volt tidak bekerja dengan baik, tampilan mainbaord dengan capasitor yang rusak :

DSC_0016[1]

Tampilan mainboard setelah penggantian capasitor :

DSC_0017[1]

Hasil akhirnya Alhamdulillah semuanya telah kembali normal , tampilan gambar serta suara bekerja dengan baik tinggal setahap lagi yang harus dikerjakan… ngerapiin….





0 komentar:

Posting Komentar