Rabu, 14 Februari 2018

Gangguan Gambar Setelah Penggantian Driver Gacun Power Supply

Gangguan Gambar Setelah Penggantian Driver Gacun Power Supply


Driver Gacun sebagai pengganti jika system power supply bermasalah memang sangat membantu karena sangat praktis dan simpel dalam instalasinya. Kali ini saya ada klien yang membawa tvnya dengan kondisi power supply yang sudah memakai gacun namun sudah terjadi kerusakan dengan body plastik gacun tersebut sedikit meleleh. Penggantian saya siapkan dengan menggunakan driver gacun juga dan menyempurnakannya karena pemasangan teknisi sebelumnya tidak melengkapi untuk koreksi VCC out B+ .

Sebelum saya pasangkan driver gacun saya lakukan pemeriksaan di VCC out B+ dengan komponen terkait yang terjadi kerusakan :
  • Transistor HOR
  • DIODA
  • Capasitor filter supply sound amplifier 470uF / 35 volt
Saya lakukan penggantian komponen tersebut terlebih dahulu dan setelahnya baru saya pasangkan driver gacun :
  1. Kabel Merah di Colector Trafo
  2. Hitam di Ground ( – ) Capasitor
  3. Pin 4 optocoupler , contoh gambar :

Selesai pemasangan saya coba hidupkan tvnya , sekarang tv sudah nyala tapi ada gangguan dengan tampilan gambarnya :


Ini terjadi karena tidak adanya filter resonansi di power supply, dan untuk ini saya coba lengkapi dengan menggunakan :
  • Dioda
  • C 470pF/ 2kv
  • R 100 KΩ
Diagramnya :
Pemasangan di board :


Hasil akhir Alhamdulillah, tampilan gambar sudah seperti sedia kala ( normal ) maksudnya.





0 komentar:

Posting Komentar